Gotong Royong dan Posyandu dalam Klero

Desa Klero yang berada di Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang adalah desa yang masih aktif dalam menjalankan kegiatan bersama yang sudah sering ditinggalkan masyarakat perkotaan, yaitu posyandu dan gotong royong. Desa yang terdiri dari 6 dusun dan 25 RT ini melakukan kegiatan posyandu dan gotong royong untuk mempererat tali silaturahmi serta kerukunan antar warganya.

Dusun Poncol yang termasuk ke dalam salah satu dusun di Desa Klero memulai kegiatan gotong royong ini pada pukul 8 pagi (22/7) dengan menggali tanah untuk membuat aliran air. Tua muda bekerja sama dalam kegiatan ini, dimulai dari mencangkul tanah hingga terbentuk jalur drainase.

Tidak hanya gotong royong, posyandu juga merupakan cara lain untk mempererat tali silaturahim masyarakat desa ini. Berbeda dengan gotong royong yang dilakukan pada pagi hari, kegiatan ini biasanya dimulai saat sore hari. Kegiatan ini dipandu oleh bidan setempat. Penimbangan dan pencatatan berat badan bayi hingga balita, pemantauan tinggi balita, serta pembagian bubur sumsum gratis merupakan tahapan yang selalu dilakukan tiap pertemuan posyandu.

Gotong royong dan posyandu terbukti masih menjadi langkah efektif dan solutif untuk mengurangi kesenjangan antar warga selain dari fungsi utamanya, yaitu untuk membersihkan lingkungan dan memantau perkembangan anak.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan